Jumat, 25 November 2011

Kitab Brahmana (Sejarah_X)


KITAB BRAHMANA
Brahmana adalah salah satu golongan karya atau warna dalam agama Hindu. Mereka adalah golongan cendekiawan yang mampu menguasai ajaran, pengetahuan, adat, adab hingga keagamaan. Di jaman dahulu, golongan ini umumnya adalah kaum pendeta, agamawan atau brahmin. Mereka juga disebut golongan paderi atau sami. Kaum Brahmana tidak suka kekerasan yang disimbolisasi dengan tidak memakan dari makluk berdarah (bernyawa). Sehingga seorang Brahmana sering menjadi seorang Vegetarian.
Brahmana adalah golongan karya yang memiliki kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan baik pengetahuan suci maupun pengetahuan ilmiah secara umum. Dahulu kita bertanya tentang ilmu pengetahuan dan gejala alam kepada para brahmana. Bakat kelahiran adalah mampu mengendalikan pikiran dan prilaku, menulis dan berbicara yang benar, baik, indah, menyejukkan dan menyenangkan. Kemampuan itu menjadi landasan untuk mensejahterakan masyarakat, negara dan umat manusia dengan jalan mengamalkan ilmu pengetahuannya, menjadi manggala (yang dituakan dan diposisikan secara terhormat), atau dalam keagamaan menjadi pemimpin upacara keagamaan.

Zaman Brahmana
Pada zaman ini ditandai dengan munculnya kitab Brahmana, kitab ini memuat tentang himpunan doa-doa serta penjelasan upacara korban dan kewajiban-kewajiban Keagamaan. Disusun dalam bentuk prosa yang ditulis oleh bangsa Arya yang bermukim dibagian timur India. Jumlah kitab brahmana banyak, antara lain:

Pada zaman Brahmana juga timbul perubahan suasana yang bercirikan antara lain:
@     Korban atau yajna mendapat tekanan yang berat.
@     Para pendeta menjadi golongan yang sangat berkuasa
@     Munculnya perkembangan kelompok-kelompok masyarakat dengan berjenis-jenis pasraman
@     Dewa-dewa menjadi berkembang fungsinya
@     Munculnya kitab-kitab Sutra

Ciri-ciri perkembangan kehidupan beragama pada zaman brahmana ini, hidup manusia dapat dibedakan menjadi empat asrama sesuai dengan varna dan dharmanya, yaitu:
z     Brahmacari, yaitu masa belajar, mencari ilmu pengetahuan,
z     Grhastha, yaitu tahap hidup berumah tangga dan menjadi keluarga,
z     Vanaprastha yaitu mulai melepaskan diri dari gemerlap duniawi atau pertapa,
z     Sannyasin, yaitu kewajiban hidup mininggalkan sesuatu.

1 komentar:

terima kasih :) tugas saya selesai :)

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More